Panduan untuk
mengetahui multimedia harus dimulai dengan definisi atau pengertian multimedia.
Dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video
(Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen
yaitu, suara, gambar dan teks (Mc Cormick, 1996)
atau multimedia adalah
kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini
dapat berupa audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
(Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang menciptakan presentasi
yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio
dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
Definisi lain dari multimedia yaitu
dengan menempatkannya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hoftsteter
(2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia.
Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar
yang berinteraksi dengan kita. Kedua, harus ada link yang
menghubungkan kita dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang
memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat,
multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan
mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri. Jika salah satu
komponen tidak ada, maka bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya
jika tidak ada komputer untuk berinteraksi maka itu namanya media campuran,
bukan multimedia. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan
dimensi, maka namanya rak buku, bukan multimedia. Kalau tidak ada navigasi yang
memungkinkan kita memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan
multimedia. Demikian juga jika kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan
menyumbangkan ide sendiri, maka namanya televisi, bukan multimedia. Dari
definisi diatas, maka multimedia ada yang online(internet) dan multimedia
yang offline (tradisional). Unsur-unsur MultimediaUnsur – unsur
pendukung dalam multimedia antara lain :1. TeksBentuk data
multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks
merupakan yang paling dekat dengan kita dan yang paling banyak kita lihat. Teks
dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa
kita. Kebutuhan teks tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Secara umum
ada empat macam teks yaitu teks cetak, teks hasil scan, teks elektronis dan
hyperteks.2. GrafikAlasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi
atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat
mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas dan
menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Sering
dikatakan bahwa sebuah gambar mampu menyajikan seribu kata. Tapi ini berlaku
hanya ketika kita biasa menampilkan gambar yang diinginkan saat kita
memerlukannya. Multimedia membatu kita melakukan hal ini, yakni ketika gambar
grafis menjadi objek suatu link. Grafis sering kali muncul sebagai backdrop
(latar belakang) suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks.
Secara umum ada lima macam gambar atau grafik yaitu gambar vektor (vector
image), gambar bitmap (bitmap image), clip art, digitized picture danhyperpicture.3.
Bunyi atau SoundBunyi atau sound dalam komputer multimedia, khusunya pada
aplikasi bidang bisnis dan game sangat bermanfaat. Komputer multimedia tanpa
bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi atau sound dapat kita
tambahkan dalam produksi multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara.
Seperti halnya pada grafik, kita dapat membeli koleksi sound disamping juga
menciptakan sendiri. Beberapa jenis objek bunyi yang biasa digunakan dalam
produksi multimedia yakni format waveform audio, compact disk audio,
MIDI sound track dan mp3.4. VideoVideo adalah rekaman gambar
hidup atau gambar bergerak yang saling berurutan. Terdapat dua macam video
yaitu video analog dan video digital. Video analog dibentuk dari deretan sinyal
elektrik (gelombang analog) yang direkam oleh kamera dan dipancarluaskan
melalui gelombang udara. Sedangkan video digital dibentuk dari sederetan sinyal
digital yang berbentuk yang menggambarkan titik sebagai rangkaian nilai minimum
atau maksimum, nilai minimum berarti 0 dan nilai maksimum berarti. Terdapat
tiga komponen utama yang membentuk video digital yaitu frame rate, frame
size dan data type. Frame rate menggambarkan berapa kali
bingkai gambar muncul setiap detiknya, sementara frame size merupakan
ukuran fisik sebenarnya dari setiap bingkai gambar dan data type menentukan
seberapa banyak perbedaan warna yang dapat muncul pada saat bersamaan.5.
AnimasiDalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk
menciptakan gerak pada layar. Ada sembilan macam animasi yaitu animasisel, animasi frame,
animasi sprite, animasi lintasan, animasi spline, animasi vector,
animasi karakter, animasi computational dan morphing.
0 komentar:
Posting Komentar